Selasa, 17 Januari 2012

Cara Menggunakan System Restore Windows 7


kali ini kita akan membahas cara restore di Windows 7. Sebenarnya secara konsep sama, hanya berbeda di langkah-langkahnya saja. Dengan memahami cara kerja dari sistem restore di Windows XP, maka sistem restore di Windows 7 juga akan bisa dilakukan dengan mudah. Oke, berikut ini adalah tutorial cara menggunakan system restore Windows 7.
Untuk menggunakan System Restore, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Untuk membuka jendela (window) System Restore pada Win7 caranya klik kanan Computer (MyComputer) pilih Properties. Muncul window System. Cari pada sisi kiri bagian atas System protection. Pada jendela atau window System Properties, silahkan select Local Disk ( C: ) (System), klik System Restore… (Nomor 3), atau bisa di akses di START MENU > Accessories > system tools > system restore > next
  2. Windows sudah memberikan rekomendasi restore point yang terakhir, lihat tanggal dibuat dan keterangannya pada Description. Kita bisa menentukan dan memilihnya jika sesuai. Jika bukan atau tidak ingin yang direkomendasikan Windows tersebut, pilih Choose a different restore point, kemudian klik Next >
  3. Akan ditampilkan daftar restore point yang sudah terekam, baik yang otomatis dibuat oleh Windows ketika install program atau cek point Windows secara berkala. Juga terdapat beberapa restore point yang dibuat secara manual (tergantung alokasi maksimal).
  4. Selanjutnya silahkan pilih restore point yang di inginkan. Klik Next, terakhir finish.
  5. Komputer akan restart untuk mengembalikan settingan seperti saat restore point dibuat. Restore point yang sudah terpakai tidak akan tampil lagi, artinya hanya sekali pemakaian.
Setelah klik tombol Next (pada langkah 3), jika pilihan restore point hanya ada 1, centang Show more restore points, kemudian klik tombol Scan for affected programs yang terletak di sebelah kanannya.
Tunggu beberapa saat, Windows sedang mencari-cari restore point, bisa sambil berdo’a agar nyarinya ga jauh-jauh dan keluar masuk kolong tempat tidur
Jika ada restore point yang masih tersimpan Windows, maka akan ditampilkan. Tetapi tidak ada data restore point sama sekali, artinya semua data restore point yang pernah dibuat, baik yang otomatis ataupun manual sudah dihapus oleh Windows.
sumber : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=419084025&postcount=11